Yakin masih mau mengeluh?

“Aku capek ngerjain ini semua!”

“Kerja uda pontang-panting tapi masih kaya gini-gini aja..”

dan masih banyak lagi keluhan-keluhan yang pernah saya dengar. Salah ga sih kita ngeluh? Menurut saya sih ga salah ya, manusiawi. Ini merupakan bentuk ekspresi perasaan dalam bentuk kata-kata saja. Mungkin lagi capek belum tidur 2 hari karena laporan audit yang harus diserahkan besok, mungkin lagi ga mood karena pacar ga jemput jadinya harus pulang naik ojek atau mungkin lagi stress karena lihat tagihan kartu kredit gede banget sedangkan tabungan hanya tersisa untuk naik taksi seminggu.. hehehe yaaa pastinya masih banyak alasan lain yang jadi pemicu keluhan tadi.

Jadi ga masalah dong kalau kita ngeluh?

Hmm gini, keluhan itu merupakan kumpulan kata yang memiliki makna negatif. Kata yang terucap negatif akan menyebabkan pikiran dan perasaan kita menjadi terpengaruh negatif. Apalagi konon katanya, manusia itu lebih tertarik dengan hal yang bersifat negatif. Ga percaya? Lihat deh, rating berita negatif seperti gosip dan skandal memiliki rating yang paling tinggi dibanding acara tentang masak memasak. Atau, misal ada yang 4 hal yang orang puji terhadap kita akan hilang begitu saja ketika 1 hal negatif atau kritikan dituju ke kita. Booom, kita akan terus-terusan mikirin kritikan tersebut, nangis atau malah jadi sakit hati. Jadi sudah jelas kan, bagaimana keluhan malah membuat manusia semakin menjadi negatif. Terus sekarang, apa kita mau jadi orang yang selalu negatif karena keluhan-keluhan itu?

Mau sih ga jadi orang yang negatif.. terus supaya kita ga ngeluh lagi gimana?

Bersyukur. Itu aja kuncinya. Dalam bahasa Indonesia, bersyukur adalah berterima kasih atas yang segala sesuatu yang dimiliki atau diberikan. Dalam Islam, bersyukur ini merupakan akhlak yang paling tinggi.

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sungguh adzab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7)

Bersyukur itu menerima dengan ikhlas apa yang sudah diberikan oleh Allah Swt, baik itu nikmat kecil maupun besar.

Caranya gimana untuk bersyukur?

Bisa dengan banyak hal dapat dilakukan untuk bersyukur, tapi satu cara yang menurut saya paling penting dan mendasar adalah dengan selalu berpikiran positif dan berprasangka baik kepada Allah Swt. Allah Swt tahu apa yang paling baik untuk umatnya.

Kamu tahu ga berdasarkan data dari BPS tahun 2015, ada 7,5 juta orang di Indonesia yang menganggur? Yang melegakan adalah, kita bukan salah satunya, kita masih ada pekerjaan. Setiap bangun pagi, masih ada tempat yang dituju untuk bekerja. Setiap bulan masih ada penghasilan yang bisa dipakai untuk jalan-jalan ke mall, beli pakaian dan lain-lain. Masih mau mengeluh?

Capek karena bekerja? Coba belajar ambil positifnya, artinya kita masih diberikan kepercayaan untuk menyelesaikan pekerjaan. kita masih berguna untuk orang lain. Seorang Direktur tentu saja capek dalam pekerjaannya, mereka tidak hanya diminta untuk berpikir strategis tetapi juga harus paham dan bijak dalam mengambil keputusan penting. Mereka bertanggung jawab atas seluruh pegawai serta keuntungan ataupun kerugian perusahaan. Tapi coba dipikirin deh, berapa banyak pegawai yang mendapat penghasilan di perusahaan itu sehingga dapat menyekolahkan anaknya, membeli obat untuk istrinya yang sakit, membeli pakaian dan makanan yang layak untuk keluarganya. Masih banyak orang yang bekerja hingga larut malam namun penghasilan hanya cukup untuk membayar kontrakan rumah. Masih banyak orang yang bekerja dibawah terik sinar matahari, menggali tanah, memotong kayu, mengharapkan imbalan 20 ribu sehari.

15 tahun lalu, ingatkah bahwa kamu juga begitu. Bekerja pontang-panting, ga kenal waktu, siang dan malam. Gigih dalam bekerja karena menginginkan perubahan yang lebih baik dalam hidup, karena itu satu-satunya alasan kenapa kamu bekerja. Sekarang lihatlah apa yang sudah kamu punya? Gaji jauuuuuh lebih besar dari yang dulu diterima, memiliki ruangan kerja sendiri dengan ac dan kursi besar, sebuah mobil ada digarasi rumah, sepatu incaran didapat dengan mudah dan masih banyak lagi. Sungguh Allah Swt sudah memberikan nikmat yang teramat banyak bagimu, hingga kamu dalam keadaan sehat dapat menikmati berkah yang diberikan. Masih mau mengeluh?

So, ingatlah ketika kamu merasa lelah dan ingin mengeluh, coba deh berpikir positif dan berprasangka baik terhadap Allah Swt, percaya deh kamu akan menikmati perjalanan hidup yang sedang kamu jalanin sekarang.

Keep the faith and be positive guys!

Cheers, RNA